Cara kirim Uang lewat Western Union Indonesia

Thursday, August 11th 2016.

 

apa itu western union

apa itu western union

Cara kirim Uang lewat Western Union – Siapa yang tak kenal Western Union? Ya, WU merupakan sebuah layanan pengiriman uang baik antar kota maupun antar negara hingga di seluruh dunia. Berbeda dengan bank-bank lokal di Indonesia, WU tidak membatasi pengiriman uang hanya di satu negara saja melainkan hingga ke berbagai negara. Sehingga Anda bisa melakukan transfer dengan mudah meskipun jarak membentang hingga ribuan mil sekalipun dengan menggunakan WU. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mempercayakan transaksi pengiriman maupun penerimaan uang melalui WU karena lebih terpercaya, lebih aman dan juga lebih mudah.

 

Apa itu Western Union?

 

Western Union merupakan jasa pengiriman uang yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan jasa pengiriman lainnya seperti berikut ini:

  1. Pengiriman uang secara instan

WU menjamin para nasabah untuk mengirimkan uang dengan sangat cepat hanya butuh hitungan detik saja, maka uang yang Anda kirim dapat langsung diambil penerima atau orang yang dituju.

  1. Jasa pengiriman uang yang tersebar luas

Jasa pengiriman uang melalui WU ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat hingga lebih dari 200 negara yang ada di dunia. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika western union melayani jasa pengiriman yang terbatas.

  1. Pengiriman uang tanpa rekening

Keuntungan lainnya menggunakan jasa layanan WU ini adalah tanpa harus membuka rekening bank. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan domisili tempat tinggal sehingga Anda bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang dengan nyaman.

  1. Pengiriman uang dengan aman

Meskipun tidak memerlukan akun bank, WU termasuk ke dalam pengiriman uang yang aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan WU memiliki sistem keamanan yang cukup ketat untuk kenyamanan para nasabahnya.

  1. Biaya murah

Transfer melalui WU juga tergolong sangat murah, sehingga Anda tak perlu khawatir masalah biaya transfer pengiriman uang ke berbagai negara. Selain itu, orang yang menerima uang tidak dikenakan biaya sepeser pun.

  1. Tidak perlu batas minimum

Pengiriman uang melalui jasa Western Union ini tidak memerlukan batas minimum nominal uang. Sehingga Anda bisa mengirimkan uang berapapun yang diinginkan.

Selain keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa layanan ini, Anda juga bisa memilih beberapa produk WU yang dapat Anda manfaatkan seperti berikut ini:

  • Quick Pay

Quick Pay merupakan layanan pengiriman uang, dimana pihak penerima uang merupakan sebuah badan usaha sebagai klien yang sudah terdaftar di sistem Western Union itu sendiri.

  • Will Call

Produk Will Call merupakan sebuah layanan pengiriman uang dimana pihak penerima uang merupakan pihak individu bukan sebuah badan usaha.

  • Fasilitas tambahan

Selain produk-produk di atas, Anda juga bisa mendapatkan beberapa layanan lainnya seperti pengiriman berita, mengantarkan uang hingga menuju alamat si penerima, test pertanyaan yang berlaku di beberapa negara untuk mencegah penipuan, hingga layanan notifikasi atau pemberitahuan kepada pihak penerima.

 

cara kirim uang lewat western union

cara kirim uang lewat western union

Jika Anda ingin menggunakan layanan WU, Anda tak perlu khawatir karena layanan ini tersebar di berbagai agen di Indonesia seperti Bank BII, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Niaga, Bank Syariah Mandiri, Kantor Pos, TIKI dan lain sebagainya. Masih ada banyak agen Western Union yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk memastikan adanya layanan WU ini, maka Anda bisa memperhatikan dan memastikan adanya logo WU di beberapa lokasi yang Anda temui. Jika tidak, Anda juga bisa langsung menanyakannya dengan mendatangi kantor tersebut atau via telepon. Anda juga bisa mencari referensinya melalui situs web atau refernsi lain yang ada di google dan wikipedia.

Setelah mengetahui banyak hal mengenai WU, maka langkah selanjutnya adalah panduan atau cara untuk mengirimkan maupun menerima uang melalui jasa WU di Indonesia.

 

Cara mengirimkan uang melalui Western Union di Indonesia

 

  1. Langkah pertama adalah dengan mengisi form aplikasi untuk mengirimkan uang yang diberikan oleh pihak WU itu sendiri.
  2. Setelah itu, Anda bisa memperlihatkan dan menyerahkan tanda bukti data diri Anda yang masih berlaku bisa menggunakan KTP/ SIM / Pasport. Hal ini untuk keamanan transaksi pengiriman yang Anda lakukan. Selain itu, agar pihak WU bisa menghubungi Anda apabila ada kendala apapun.
  3. Langkah selanjutnya adalah membayar biaya pengiriman uang agar uang bisa langsung dikirim atau ditransfer dengan cepat ke pihak penerima.
  4. Setelah Anda melakukan transaksi, maka Anda bisa langsung mengkonfirmasikan data pengiriman Anda kepada pihak penerima, seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang Anda kirimkan, nama negara asal, beserta kode referensi untuk transfer atau pengiriman uang.

 

Cara menerima uang melalui Western Union di Indonesia

 

Di atas kita sudah membahas mengenai bagaimana cara untuk mengirimkan uang melalui jasa pengiriman uang WU. Kini saatnya kita membahas mengenai cara untuk menerima uang dari WU seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama hampir sama, dimana pihak penerima pun harus mengisi data lengkap di form aplikasi untuk penerimaan uang.
  2. Selanjutnya adalah menyerahkan data diri Anda melalui kartu identitas diri, baik menggunakan KTP/ SIM/ Pasport. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga opsi kartu identitas di atas.
  3. Anda mengetahui semua data pengiriman uang, berupa jumlah nominal uang, nama negara asal beserta nomor referensinya.
  4. Melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditentukan.

Ketika melakukan pengiriman, maka baik pengirim maupun pihak penerima bisa sama-sama di agen Western Union di tempat yang berbeda sembari melakukan komunikasi melalui telepon atau ponsel agar lebih mudah. Selain menggunakan Western Union, bisa juga mencoba alat pembayaran online lain untuk mengirim dana ke pihak lain. Terimaksih telah berkunjung di vcc murah, Semoga bermanfaat!

  1. Eko sisilo - Ngawi

    Teman saya krja di timor leste mau pulang gk punya ongkos trus gmna cara pengirimanua g melaui weater union ke timorleste soalnya tadi saya sdh datangi kantor pos terdekat kode pengiriman gk bisa tampil di komputer mohon bantuannya kode pengiriman ke timor leste

    19/09/2020
  2. Kiki maria - Medan

    Berapa biaya buat pengiriman uang dri Medan ke Malaysia ya

    23/06/2020
  3. Ahmad - Bitung

    Saya ada pembelian barang Di alibaba trus Fatir pihak pemasok di as sementara sy di arahkan Ke wu utk transfer tapi negaranya rusia. Pertanyaannya utk menghindari penipuan apakah pihak wu bisa jadi penengah uang bisa di ambil penerima klo barang sudah di terima?

    23/03/2020
  4. Kasri - USA

    Saya ingin tanya soal Uang lewat Western Union Dari hp . saya blm tau

    20/03/2020
  5. Yudi yarfi - Depok

    Min mau tanya saya kirim uang Afrika barat dengan jumlah 1.230.000 kalau di tukar kan ke mata uang Afrika barat menjadi 50.51 cfa Franc,, tapi ko tidak menjadi segitu ya,,jadi nya 46,55

    29/08/2019
  6. Leni - Bandung

    Mau kirim uang lwt wu ke Dubai Dr kmrn gagal trs knp Ya…

    10/08/2019
  7. Gauri cherry agaisha - Bukittinggi

    Saya mau kirim uang ke bangladesh dengan jumlah 350.000 an ke no rekening bank penerima apakah harus ganti mata uangnya.apakah uang itu lansung di terima?

    29/07/2019
  8. susi hariyani - solo

    Batas maximum pengiriman uang dr america brpa ya?

    09/07/2019
  9. Sari - Bahrein

    Min boleh nanya ,saya ngirim uang v saya gak tau kalo ktp si pengirim sudah tidak berlaku trus uang ny gak bisa di ambil ,trus saya harus gmn harus ganti nama apa msh bisa di ambil pake kk ataw sim terimakasih

    01/06/2019
  10. jacky - surabaya

    hari kerja dan jam kerja bagaimana??

    01/11/2018
  11. NERSIS - Depok Jawa barat

    Teman saya bekerja di Kuwait dia mau mengirim uang ke rekening saya tapi katanya perusahaan tidak bekerja sama dengan Indonesia..
    Bagaimana cara agar saya bisa menerima kiriman uang dari Kuwait?apa dia harus ke bank lain atau bagaimana..tolong masukannya

    05/10/2018
  12. Hasan - Kendal

    Min… Jika kita ingin transfer uang ke negara turki misalnya apakah kita harus tukar mata uang (mata uang asing) dari rupiah ke dollar dahulu atau bagaimana langsung transfer walaupun pake uang rupiah? Mohon jawabannya min admin

    20/08/2018
  13. Henny sihombing - Medan

    Saya mao tanya gimana caranya orang pakistan mengirim saya uang indonesia

    20/07/2018
  14. anjani - banjar baru

    assalamualaikum
    saya mau tanya
    gimana cara saya mengambil uang lewan WU, saya penerima dari banjar baru, dan temen saya dari malaysia.
    berapakah saya harus bayar untuk menerima uang yang dikirim temen saya dari malaysia, dan saya mau tanya berapa biaya pendaftaran akun WU untuk mengaktifkannya.

    11/07/2018
  15. uu ubaedillah - tasikmalaya

    saya mau kirim uang ke malaysia lewat WU
    RM.1000 berapa biayanya dan berapa lama sampai

    20/06/2018
  16. ariz - malang jawa timur

    saya mau kirim uang ke amerika serikat 200 ribu berapa ongkos kirim

    16/05/2018
  17. Siti rofiah - Rembang

    Berapa biaya kalau mau kirim uang ke negara turki lewat WU

    05/04/2018
  18. eva - kuala lumpur

    Saya ada tranfer dari indonesia..Sya skrng ada malaysia tapi saya tidak boleh ambil uang..Apa boleh si pengirim tukar nama??gimana caranya??apa kena biaya lagi???tolong bantuan nya..

    22/02/2018
  19. vero - yogyakarta

    min kalo mau kirim WU harus pake data pribadi seperti alamat, ttl dan lainnya yg dituju ya?

    03/02/2018
  20. dewi antika - surabaya

    begini saya kn tadi sore sudah trasfer sejumlah uang di kirim lewa kantor pos “WU yang pengirimnya ke luar negeri dengan nama penerima si A namun saya baru tadi dapat kabar kalau nama pemerima si A lagi sakit dan tidak ada di kota sekarang, jadi saya si anjurkan perlu kembali ke kantor pos dan mengubahnya menjadi nama penerima dan alamat si B. apa ada biaya tambahan kalau mau ganti nama pemerima dan alamat di kantor pos terima kasih

    23/01/2018
  21. fahreza - jakarta

    saya punya ATM tahapan expresi BCA
    apa bisa nerima transfer dari luar negri

    18/01/2018
  22. yohanes matius supadi - batu jatim

    saya menerima dari wu amerika colorado code 15 digit,dipos putus jaringan.pertanyaan 15 digit apa bisa diproses dan apa selanjutnya bila jaringan putus.

    11/01/2018
  23. prayogo - kendal

    min saya mau tanya gimana cara mengambil uang dari WU?

    25/12/2017
  24. fitri - Kuningan

    saya mau tanya, kan saya mau kirim uang. klw misalkan data dirinya bukan melalui ktp, sim, atau pasport gitu gimana? soalnya saya emg blm punya. karena belum 17 th.

    19/12/2017
  25. safitri - pemalang

    kalau kirim uang dari indonesia ke alamat rumah atau rekening bank malaysia caranya gimana ya…tanks

    09/12/2017
  26. Yochni A Idrus - Bula

    Kalo kirim dari philipine ke Rek BRI tp lewat Atm bs gk y??

    19/10/2017
  27. Ghozali - Jambi

    Saya mau tanya,saya di kirim uang dari wastern union malaysia ke rekening saya berepa lama masuk uang nya?

    06/09/2017
  28. SATRIA - jakarta

    saudara saya mau mengirim uang US dolar dalam jumlah banyak dari Inggris Machester ke Indonesia,Apakah ada batas minimal uang yang ditransfer lewat WU? MOhon untuk petunjuknya

    24/08/2017
  29. cahaya - macau

    saya Mau kirim dari Macau ke Malaysia brp biaya thanks

    21/08/2017
  30. Cen Cen - Jakarta

    Saya mau nanya….kalau dari India kirim uang ke Indonesia lewat Western Union bisa tdk??? kalau bs bagaimana prosesnya?? Makasih.

    26/07/2017
  31. Danur Eko - Bandung

    Min.. Mau tanya kalau WU beneran ga ada batas maksimal penerimaan transferan?soalnya saya dari Prancis akan ada pengiriman yang lebih dari 100.000euro.berarti dari Prancisnya euro dan begitu uang masuk indonesia berupa rupiah,apakah bisa langsung masuk ke rekening bank saya langsung atau bagaimana?trs masih ada biaya ga dari WU nya?trm ksh.

    18/07/2017
  32. alvin - jakarta

    mau tanya ni
    gmana cara kirim uang ke inggris dgn pounstreling ?

    01/07/2017
  33. nisa - jakarta

    caranya mengirim uang ke malaysia gimana ya min

    28/05/2017
  34. wondeso - Bogor

    Untuk Quickpay belum ada yang bisa terima layanan ini, saya di bogor sudah keliling bank-bank termasuk Danamon dan Maybank, mereka punya form isiannya, tapi saat sampai ke teller…maaf, kami belum bisa…

    16/05/2017
  35. yoga ariftyan - jakarta

    Saya mau tanya teman saya di kerala india mau kirim ke indonesia bagaimana caranha katanya tidak bisa dia kirm uang dari wu kerala ke indonesia.mhn penjelasnya .terima kasih

    08/05/2017
  36. solekhudin - brebes

    Sebenarnya Ada gangguan apa sih dengan pelayanan WU di indonesia.. Ko semenjak hari sabtu 8-04-2017. Saya dapat kiriman dari singapur 10jt, katanya gangguan terus yah. saya udah mondar mandir kesana_kemari ke kantor pos,pegadaian,indomaret DLL. Tolong dong penjelasan nya yang masuk akal

    12/04/2017
  37. Atam abdurrahman - Sukabumi jawa barat

    Saya kirim uang melalui wu tgl 09 04 2017 to pihak kantor pos yg ad wu nya gk nerima pengambilan wu katanya harus paki yg 8.12 atu 14 digit pinnya padhal pengiriman dari arab saudi semua paki yg 10 digit,sbenarnya ap yg terjadi….mhn balasannya…

    11/04/2017
  38. rio - yogyakarta

    dari jumat sore sampe sabtu kok western union di kantor post jogja off line, apakah hari ini sudah online? capek mondar mandir soalnya

    10/04/2017
  39. annelice - yogya

    berapa biaya kirim ke malang?

    07/04/2017
  40. Arya - Dompu

    Bisa gak kalo di transfer di rekening tapi di cairkan melalui POS?

    03/04/2017
  41. iqbal - binjai

    mau tanya ne min..apakah di alfa mart dan alfa midi bisa mencairkan pengiriman w u?

    trimakasih.

    02/04/2017
  42. Carol - Jakarta

    Berapa biaya pengiriman ke west africa
    Apakah tetap harus berupa dollar utk kirim uang ke sana

    31/03/2017
  43. Valen - Jakarta

    Mau tanya dong min. Las di Western Union nya bisa bayar pakai Rupiah gak ya? Atau harus USD ?? Makasih sudah jawab.

    21/03/2017
  44. Uus Wulandari - Tangerang

    Saya mau kirim uang ke Malaysia kira-kira berapa yah biayanya?

    19/03/2017
  45. donny - depok

    Sekarang pengambilan wu lebih ketat ya min.. bahkan menurut saya mah di persulit.. di kantor pos atau pegadaian… di wajibkan memberikan fotokopi id ganda.. maksudnya.. ktp dan sim atau passport
    . Itu wajib… padahal biasanya cukup ktp aja… saya yang gk punya sim apalagi passport kan bingung..indomaret pun sekarang ini.. sementara tidak melayani wu lagi.. knapa min.
    Kok jadi ruwet
    . Bgini… padahal biaya pengiriman wu dah termasuk mahal lho… tapi makin gk nyaman rasanya…

    14/03/2017
  46. jamal - bondowoso

    min mau tanya, kalo misal pake kartu pelajar bisa gak ya..

    09/03/2017
  47. aan - suramadu

    bagaimana kalau kita gak punya sim ?pasport , ktp….kita kan masih pelajar..?

    08/03/2017
  48. Pram - Surabaya

    Kalau kirim ke philipina berapa tarifnya

    21/02/2017
  49. siti - malysia

    Cara hantar money dari indonesia ke malysia macam mana ya?

    20/02/2017
  50. Mariam Husen - Sydney

    berapa batas maximal uang yang boleh dikirim dari Indonesia ke Australia.
    Bila jumlahnya besar bisakah dgn cara ditransfer ke WU ?

    14/02/2017
  51. eko - kota baru kalsel

    bisa ngirim ke no rekening yg di malaysia nggak???

    06/02/2017
  52. Suhaini - Senawang malaysia

    Mau nanya pada pihak WU
    Saya sudah transfer dana ke indonesia sejak tgl 01-02-2017 sampai sekarang belum ada yang masuk padahal sebelum nya tidak pernah seperti ini..tolong kasih solusinya ya karna saya sudah malu sama penerimanya.terima kasih

    04/02/2017
  53. Imam kholid - Malang

    Untuk menjadi agen wu gimana caranya tolong berika penjelasan,dan daftarnya trim

    02/02/2017
  54. tabah winarto - batam

    Min. Saya mau ngambil uang istri saya trnsfer tapi nama belakangnya beda gimana solusinya makasih.

    04/01/2017
  55. imam lazimun - lampung utara

    Mau tanya emng kita sbgi penerima di kenakan biaya,,soal,nya aku kemarin ambil uang kiriman dari malaysia masa di kenakan biaya 1juta,nya di minta 50rb,,tpi nggak saya kasih tlng penjelasan,nya biar besok2 lagi kalu kirim nggak ribet tlng ya saya ngmbil,nya lewat indomaret,,tlng penjelasan,nya biar nanti kalu kirim nggak ribet,,,tlng ya admin terimakasih

    03/01/2017
  56. firman - bekasi

    selamat siang western union,saya mau tanya kalo saya mau ngirim duit keluar negri ke negara Nigeria,tapi si penerima yang ada di nigeria kagak ada ngasih nomor telpon atau handphone nya,tentunya kita kan harus mastiin apakah uang itu sudah sampai atau belum kan.
    dia cuma ngasih alamt email dan alamt rumah yg dituju yaitu nigeria.

    26/12/2016
  57. Syaiful azmi - Jakarta selatan

    Hallo min, mau nanya ni saya mengirim uang lewat WU, tapi saya mengirim ke nomor rekening sudah 5 hari, kata si penerima belum sampai juga, tolong solusinya min,

    26/12/2016
  58. Anwar - Pandeglang

    Istri saya kirim ke rekening bank
    Udah lima hari blm jg masuk

    Berapa lama harus menunggu

    25/12/2016
  59. Dede - Bandar Lampung

    Saya kecewa dgn WU, orang tua saya sampe mondar mandir ke beberapa tmpat, ga bs ngambil kiriman di WU, alasannya ga ada formulirnya.
    Ga etis amat, jasa apaan yg seperti itu.

    23/12/2016
  60. Failasuf adha - Jakarta timur

    Kenapa agen western union dari hari kamis tgl 15 /12/2016 off line semua dana saya sampai sekarang senin 19/12/2016 belum bisa keambil.. Mohon bantuannya..

    19/12/2016
  61. adih suryadi - karawang

    kalo berbelanja online lewat paypal tapi ga punya rekening bank..apa bisa lewat western union bayar sejumlah uangnya ke paypal ngirim lewat western union??makasih

    18/12/2016
  62. nurulelook - surabaya

    Min mo nanya … temen saya kirimin saya uang by WU tapi dia mengisi form.nya melalui computer pribadinya. Dan itu dikirim ke ATM saya. Apa bakalan sampe? Karena pas aku check di ATM ternyata ga ada min. Minta jawabannya dong min .

    14/12/2016
  63. Siti fatimah - Bekasi

    Untuk menerima uang dari luar negeri melalui WU. Apa saja syarat nya

    04/12/2016
  64. caddid - kota kinabalu

    Aku mau kirim uang lama untuk dijual kepada seseorg.boleh ga aku kirim melalui westren ini?

    02/12/2016
  65. WAWAN SETIAWAN - JAKARTA

    APAKAH SEMUA KANTOR POS BISA MENCAIRKAN WU APAKAH SAYA KTP BOGOR BISA MENCAIRKAN DI JAKARTA

    24/11/2016
  66. iwan - jakarta

    Min mau tanya mau ngirim uang ke taiwan brpa kira” tarifnya?

    22/11/2016
  67. erin - bandung

    Kirim ke brunei darussalam bisa?

    20/11/2016
  68. Sendy - Jakarta

    Aku mau kirim ke malaysia boleh tau kena brapa biayanya ya.thnk you

    18/11/2016
  69. aldi lutphi - bogor

    min saya mau bertanya, transaksi WU bisa melalui alfamaret atau engga? terimakasih sebelumnya

    18/11/2016
  70. Awan setiawan - kuningan

    Saya mau tanya,klo tranper dari saudi
    hari sabtu.apa hari snin udh bsa d ambil.thxs

    06/11/2016
  71. Tina - Pangkalanbun

    Saya mau tanya…kalau kita menerima uang dalam mata uang lain apa ada biaya untuk pengambilan ?

    05/11/2016
  72. nurvin - sorong

    mau tanyak apakah wu bisa ngirim mata uang asing dalam negeri (antar kota)

    02/11/2016
  73. Ani - Tangerang

    Baru saja Saya Kirim Uang Antar Kota Tangerang-jogja . Pas mau diambil Di kantor pos , jawaban dari pihak kantor pos ” Kalau WU itu dari Luar Negri ” Apa Iya ? Atau sengaja Di persulit ??

    02/11/2016
  74. wanda - malang

    Saya mau nanya, mengirim uang lewat western union ke atm bisa ta?

    29/10/2016
  75. Ersa - Semarang

    halo terimakasi infonya, saya mau tanya, kalo saya mau transfer ke luar pakai wu kira2 ada biaya tambahan (fee) nya ngga ya? terima kasih

    16/10/2016
  76. tanti - bekasi

    dipersulit saat penerima akan menarik uangnya di pegadaian atau kantor pos di kota sukabumi padahal sdh berlogo WU, uang dikirim melalui bank mandiri syariah kc Tebet Jakarta Selatan. uang dikirim jumat siang, sampai sabtu siang blm bisa ditarik

    01/10/2016
  77. euis fauziah - tanjungpinang

    Saya mau nanya ,, bisa gak kirim mengguanakn ,, data akta lahir ???

    27/09/2016
  78. yusuff sahreza - cianjur

    Knapa ya sya mau tarik uang ko gagal trus, padahal pin nya bner trus dikirim baru tadi pagi.
    Trims

    26/09/2016
  79. Rudy - Sleman

    Hallo,

    Kalau kirim dari IDR langsung dikonversi ke USD bisa tidak ya? Terima kasih.

    Regards

    20/09/2016
  80. Wiwik - Bekasi

    Klo pihak penerima wajib ngisi data lengkap tidak?.sy mau trnfer ke seseorang .tp takut penipuan gmn cara antisipasinya.

    12/09/2016
  81. admin -

    @Ita: halo, coba minta bantuan teman atau sodara yang sudah punya ktp.

    10/09/2016
  82. Ita - Solo

    Wah, keren banget ternyata ya! Btw aku mau tanya sesuatu min … apa WU bisa digunakan bagi orang yang belum punya KTP/SIM apalagi paspor? Maksudku, setelah mengisi form harus nunjukkin itu. Sementara aku belum punya … tolong jawabannya ya min~~

    10/09/2016
  • Beri Komentar