Apa itu Bitcoin? Sejaran & Kelebihan Bitcoin

Sunday, January 4th 2015.

 

Apa itu Bitcoin?

 

apa itu bitcoin

apa itu bitcoin

Bitcoin merupakan uang elektronik yang bisa digunakan untuk kebutuhan bertransaksi secara online. Seperti yang kita ketahui, dimana perkembangan akan jual beli online kini semakin marak di masyarakat Indonesia. Selain itu, transaksi yang ditawarkannya juga kian semakin bervariasi. Untuk menunjang kelancaran transaksi jual beli online, maka mata uang elektronik ini hadir di tengah-tengah maraknya pasar online di dunia. Mata uang virtual ini memang tergolong baru karena baru dikenal akhir-akhir ini meskipun tahun peluncurannya sudah sejak 5 tahun yang lalu.

 

Sejarah Bitcoin

 

Jika berbicara mengenai mata uang virtual, tentu berbeda sekali dengan mata uang fisik yang nampak seperti yang kita gunakan sehari-hari untuk transaksi jual beli. Bitcoin merupakan alat pembayaran online baru tetapi banyak digunakan dewasa ini. Mata uang virtual seperti ini tidak tampak secara virtual saja dan berbentuk sebuah file. Adapun file ini berupa kumpulan atau enskripsi dari berbagai macam kode unik sehingga membuatnya tidak sama persis antara satu dengan lainnya. File mata uang ini bisa Anda simpan selayaknya softcopy yang dapat di simpan melalui PC atau laptop kesayangan Anda. Tak hanya itu saja, mata uang ini juga bisa disimpan di tempat penyimpanan khusus di internet seperti sosial cloud.

Adapun software untuk menggunakan layanan mata uang ini disebut juga sebagai Bitcoin Digital Wallet. Berdasarkan sejarahnya, mata uang virtual ini lahir sejak tahun 2007 silam oleh seseorang yang ahli di bidang komputer. Ia mencoba mengembangkan sebuah sistem dari mata uang online dengan model terbaru, dimana mata uang ini sendiri independen alias tidak terikat pihak manapun. Adapun seseorang ahli tersebut adalah Satoshi Nakamoto, yang tak lain berasal dari negara Jepang. Nakamoto sendiri mengatakan bahwa dirinya mengembangkan mata uang virtual ini hingga 2 tahun lamanya, lalu ia mulai memperkenalkannya ke dunia maya sejak tahun 2009 silam.

Akan tetapi, menurut pendapat para ahli menyebutkan bahwa nama penemu tersebut bukanlah nama sebenarnya alias fiktif. Bahkan, ada saja yang berpendapat bahwa adanya mata uang virtual ini tak lain diciptakan oleh sekelompok orang untuk memberikan inovasi terbaru yang bisa menunjang bisnis online dengan mudah demi mendapatkan keuntungan secara signifikan. Hal ini juga tentunya dapat memberikan keuntungan dengan meramaikan pasar online yang kian hari kian marak dengan kemunculan bitcoin itu sendiri.

 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Bitcoin

 

keuntungan bitcoin

keuntungan bitcoin

Meskipun begitu, tak menyurutkan banyak orang untuk melakukan transaksi menggunakan mata uang virtual ini secara online dengan mudah. Selain itu, penjualan bitcoin pun semakin hari sudah semakin meningkat pesat seiring berkembangnya persaingan pasar di industri-industri virtual yang hanya memanfaatkan layanan internet. Sebelum kita beranjak lebih jauh menggunakan mata uang virtual ini, maka ada baiknya jika Anda membaca beberapa keuntungan serta kerugian penggunaan bitcoin seperti berikut ini:

  1. Sistem keamanan

Pengguna mata uang virtual ini akan mendapatkan keamanan sistem yang benar-benar terkontrol. Dimana pengguna bisa mengendalikan transaksi mereka ketika menggunakan mata uang virtual ini. Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan mata uang virtual ini tanpa harus menyertakan identitas lengkap atau data diri Anda secara lengkap. Sehingga membuktikan bahwa bitcoin mampu memproteksi semua data diri pengguna dengan kuat dan aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Melalui enkripsi dan pencadangan, para pengguna juga dapat melakukan proteksi terhadap uang mereka.

  1. Resiko Minimal Bagi Penjual

Penggunaan mata uang virtual ini untuk transaksi online sangat aman, proses pembayarannya pun cukup selektif dan tidak dapat dibatalkan begitu saja. Selain itu juga, tidak harus menyertakan informasi detail dari pelanggannya. Sehingga bisa meminimalisir kerugian para penjual yang bekerja sama dengan mata uang virtual ini dari kecurangan atau tindak penipuan seperti chargeback. Tingkat penipuan menggunakan mata uang virtual ini sangat minim, selain itu juga tidak memerlukan penyesuaian terhadap PCI. Ketika tidak tersedianya kartu kredit, maka penjual bisa lebih mudah untuk berekspansi menuju pasar baru.

  1. Kebebasan Pembayaran

Kebebasan pembayaran di sini adalah para pengguna bisa menerima maupun mengirimkan uang dengan cepat dan instan tanpa ditentukan oleh jam kerja atau waktu, baik dimanapun maupun kapanpun Anda bertransaksi. Tak hanya itu, bertransaksi menggunakan bitcoin juga tak perlu dibatasi oleh perbedaan negara antara penjual dan pembeli. Siapapun dapat dengan mudah menggunakan alat pembayaran yang satu ini.

  1. Biaya minimal

Pembayaran melalui mata uang virtual yang satu ini tidak memerlukan biaya yang tinggi, dimana Anda bisa melakukan pembayaran dengan tarif yang sangat minimal. Dimana pengguna bisa memasukkan biaya ketika bertransaksi agar diproses dengan cepat, untuk mendapatkan konfirmasi secepatnya dalam bertransaksi online. Selain itu, prosessor penjual juga membantu para penjual ketika melakukan transaksi, kemudian menukar mata uang virtual ini menuju mata uang konvensional. Setelah itu mentransfernya langsung menuju rekening si penjual.

Adapun kerugian atau kelemahan menggunakan mata uang virtual ini adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan masih sedikit

Ya, tak sedikit orang yang belum mengenal mata uang virtual ini sebagai alat pembayaran yang sah dan aman. Sehingga mata uang ini masih memerlukan jaringan yang begitu besar untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

  1. Masih dalam tahap perkembangan

Software yang menunjang mata uang virtual yang satu ini masih menggunakan versi beta dimana masih terdapat banyak fitur yang kurang lengkap. Sehingga membutuhkan tahap perkembangan yang lebih lanjut. Maka dari itu, pihak mereka terus melakukan tahap perkembangan situs atau software untuk bisa melayani para pengguna dengan baik demi menambahkan fitur maupun layanan yang mudah diakses dengan sistem keamanan yang diperketat.

Ya, itulah ulasan mengenai bitcoin beserta kelemahan dan kelebihan memakai mata uang virtual yang satu ini!

Beri Komentar