Tips Aman Berbelanja Online di Internet

Sunday, February 25th 2018.

 

Saat ini sangat banyak sekali produk yang telah ditawarkan oleh media online yang ada. Dari yang murah sampai dengan yang mahal juga tersedia. Banyak sekali varian produk yang ditunjukkan. Yang mana pastinya hal itu sangat menarik sekali. Apalagi bagi wanita yang sangat doyan berbelanja. Saat ini banyak sekali toko online yang tersedia dengan banyak sekali tawaran diskon yang menarik. Dengan mudahnya kita berbelanja hal itu membuat kebanyakan orang lebih suka duduk di rumah dan melihat handphone saja kemudian mencari barang kebutuhan yang sedang dibutuhkan. Banyak sekali barang-barang seperti kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan dalam mendukung pekerjaan kita sehari-hari. Hal tersebut bisa kita dapatkan di toko online yang telah tersedia. Mungkin inilah yang disebut peralihan dimana internet telah mengambil peranan penting dalam pola belanja masyarakat saat ini.

 

akan tetapi berbelanja online tidak sepenuhnya aman untuk kita. Ada beberapa orang yang memanfaatkan hal ini menjadi sebuah peluang untuk menipu para pembeli dengan berbagai modus yang mereka kerjakan. Oleh karena itu tetaplah waspada apabila Anda sering menggunakan toko online untuk berbelanja. Biasanya oknum yang tidak terpuji itu mengambil keuntungan dengan menjual barang yang lebih murah ketimbang harga dipasaran akan tetapi setelah pembeli mentransfer uangnya barang tidak kunjung datang. Hal ini dikarenakan karena mereka sebenarnya tidak memiliki barang tersebut. Maka dari itu hati-hatilah dalam memilih toko online supaya Anda tidak menjadi salah satu korbannya.

 

tips belanja online aman

tips belanja online aman

 

Berikut ini adalah beberapa cara yang aman untuk Anda berbelanja online supaya terhindar dari aksi penipuan diantaranya adalah :

 

Berhati-hati saat belanja online

 

Berhati-hati dimaksudkan adalah pada saat Anda membuat akun untuk membeli barang pada toko online harus benar-benar diperhatikan pada saat membuatnya. Pastikan bahwa hanya Anda yang tau password dari akun tersebut. Hal itu bertujuan untuk keamanan pada saat berbelanja online. Ditakutkan apabila Anda telah berbelanja dan mentransfer uangnya kemudian alamat pengirimannya diganti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga barang tersebut tidak sampai ke alamat tujuan. Pastikan apabila barang tersebut dikirim itu sudah termasuk dengan bea masuk dan pajaknya  apabila barang tersebut dari luar negeri tidak disita oleh bea cukai

 

Gunakan kartu kredit

 

Kenapa kita menyarankan kartu kredit karena hal ini lebih aman kita gunakan untuk transaksi online. Hal itu membuat si penjual harus mencari data diri dari yang punya kartu kredit. Dan kartu kredit akan menerima kalau barang tersebut memang sesuai dengan yang dipesan. Jadi hindarilah belanja menggunakan kartu debit karena hal itu akan susah kita lacak apabila penjual tersebut menipu. Agar lebih yakin cobalah lebih cermat dalam memilih toko online supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diingankan. Dan jadilah pembeli yang bijak. Jangan terpancing dengan iming-iming diskon yang besar. Akan lebih amannya apabila toko online tersebut menggunaka jasa pembayaran online. Hal itu akan menambah tingkat kepercayaan kita pada toko online tersebut.

 

Perhatikan laman dari toko online

 

Cermatilah dengan baik laman dari situs penjualan online tersebut. Apabila ada yang mencurigakan tinggalkan lah dan pilih yang lain saja. Banyak sekali hal yang bisa kita teliti dari laman yang mencurigakan. Biasanya pada toko online yang baik akan mencantumkan alamat fisik yang jelas disertai juga dengan nomer telpon yang dapat dihubungi. Akan tetapi berbeda dengan situs website yang aba-abal. Biasanya tidak akan menampilkan alamat yang jelas. Oleh karena itu hati-hatilah dalam memilih website sebelum berbelanja. Untuk lebih aman gunakanlah paypal.me. bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda dalam bertansaksi.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran pada saat ingin berbelanja online dengan aman. Hal ini bertujuan untuk tidak bertambahnya lagi korban-korban. Cermatilah setiap detail dari toko  online tersebut. Jangan langsung percaya pada diskon yang besar. Apabila sudah tidak wajar. Alangkah baiknya untuk ditinggalkan saja. Dapat dipastikan hal itu adalah tindak penipuan.  Bijak dalam berbelanja juga wajib kita miliki supaya kita juga tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang yang kita miliki. Dan yang lebih penting adalah menjadi pembeli yang pintar. Supaya tidak gampang tertipu. Carilah informasi yang banyak sebelum membeli dan jangan terburu-buru.

 

  • Beri Komentar