Tips untuk Melindungi Akun PayPal Anda

Wednesday, November 19th 2014.

 

Melindungi akun paypal sangat penting

 

PayPal merupakan sistem transfer nomor 1 pilihan orang hampir dari berbagai belahan dunia. Sistem transfer ini merupakan sistem pembaharu dari sistem sebelumnya, yakni pengiriman via wesel atau cek. PayPal bisa digunakan baik itu untuk mengirimkan uang ataupun berbagai macam pembayaran. Sistem ini tentunya menggunakan sistem online yang lebih efektif dan efisien di masa ini.

melindungi akun paypal

melindungi akun paypal

Seiring dengan populernya PayPal dan semakin terus bertambahnya jumlah pengguna PayPal, ternyata meningkat juga resikonya. Ada banyak orang yang menginginkan info dan mencari kesempatan untuk masuk ke akun PayPal orang untuk kepentingan pribadinya. Hal ini sangat berbahaya mengingat di dalam akun PayPal terdapat informasi keuangan, seperti info mengenai kartu kredit dan bank. Tentunya ini merupakan suatu kejahatan yang harus pengguna waspadai. Semua sistem dibuat tentu memiliki suatu kekurangan, hal ini berlaku juga pada PayPal. Di mana dengan maraknya kejadian tersebut, Anda sebagai pengguna tentunya diharuskan untuk berhati-hati dan menjaga keamanan akun Anda.

Akan tetapi, pengguna tidak perlu terlalu risau. Hal tersebut dikarenakan di dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk menjaga keamanan akun PayPal Anda. Meskipun memang tips yang akan diuraikan berikut tidak bisa menjamin 100% keamanan akun Anda, tetapi setidaknya tips-tips berikut bisa membuat Anda lebih teliti dan mencegah sedari awal resiko yang bisa terjadi kapan saja menimpa akun Anda. Berikut ini tips untuk melindungi akun paypal.

Beberapa tips untuk mengamankan akun paypal

 

  • Ubahlah password akun PayPal Anda secara berkala, tidak disarankan menggunakan password yang mudah ditebak. Misalnya saja menggunakan tanggal lahir, nickname, dan yang sejenisnya.
  • Terlebih dahulu periksa header pengirim saat Anda mendapatkan email dari PayPal, pastikan link tersebut mengarah ke web resmi paypal.
  • Gunakan dan update terus perangkat lunak Anda, seperti Anti-virus, anti-spywares untuk menghindari adanya program jahat, seperti spyware, keylogger.
  • Hindari mengakses PayPal di warnet. Hal tersebut dikarenakan jika Anda mengaksesnya di warnet, Anda akan terkena akses terbatas karena warnet hanya memiliki 1 IP Address terbatas yang digunakan oleh banyak orang secara bersamaan, sedangkan untuk masalah IP Address, PayPal memiliki aturan yang sangat ketat.
  • Hati-hati terhadap email yang mengatasnamakan PayPal dan meminta Anda meminta info password dan atau info penting dan privasi Anda lainny
  • Saat Anda hendak mengakses akun PayPal, pastikan alamat URL Anda benar, yaitu https://www.paypal.com.
  • a karena PayPal tidak pernah meminta info tersebut.
  • Cara mengetahui apakah email yang mengirimi Anda pesan adalah PayPal atau bukan sangatlah mudah. Email palsu hanya akan menyapa Anda dengan; Dear PayPal User atau Dear PayPal Member. Padahal, email resmi dari PayPal akan menyapa Anda dengan nama depan dan nama belakang yang Anda daftarkan untuk akun Anda atau mencantumkan bisnis yang Anda ikuti melalui akun PayPal.
  • Email PayPal tidak pernah mengirimi Anda pesan yang tidak jelas, misalnya perintah untuk mengunduh attach tentang perangkat lunak, biasanya email tersebut berisi virus.
  • Hati-hati juga dengan email yang mengatasnamakan PayPal tapi meminta informasi lengkap Anda, seperti akun bank, nama lengkap pengguna, bahkan PIN. Padahal, PayPal tidak pernah mengirim email untuk meminta info seperti itu.
  • Jangan pernah coba-coba klik atau mengunjungi URL yang dikirim oleh akun mencurigakan. Jika Anda mendapati hal seperti itu, salin dan forward pesan tersebut lalu kirim ke spoof(at)paypal.com dan segera hapus pesan tersebut dari mailbox

Nah, itulah tadi beberapa langkah atau tips yang bisa pengguna terapkan untuk melindungi keamanan akun PayPal Anda. Ingatlah selalu pepatah Bang Napi bahwa kejahatan tidak hanya selalu datang dari niat para pelakunya saja, tetapi juga dikarenakan karena ada kesempatan. Oleh karenanya, lindungi akun PayPal Anda dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dimulai dari sekarang.

Beri Komentar