Pengertian SSH, Cara Daftar Dan Jenis SSH

Friday, March 2nd 2018.

 

SSH yang merupakan kepanjangan dari secure shell adalah sebuah protokol jaringan yang biasanya digunakan banyak orang untuk mendapatkan internet gratis. Dalam hal ini, anda bisa mendapatkan Internet tersebut tanpa menggunakan paket internet. Bagaimana bisa? internet tersebut dengan memanfaatkan celah dari operator seluler tertentu. Untuk mendapatkan SSH biasanya membeli ke para penjual atau bisa juga mencarinya di blog- blog yang menyediakan akun untuk SSH. Untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat akun SSH agar tidak terus- terusan berburu akun di blog atau website tertentu.

 

Cara Daftar SSH

 

Berikut adalah langkah- langkah yang bisa anda lakukan untuk mendaftar SSH. Apa saja? berikut penjelasannya.

  1. Mengunjungi website penyedia akun SSH.
  2. Memilih server yang ingin anda gunakan, disana tersedia banyak server biasanya orang- rang memilih server indonesia.
  3. Membuat username dan password. Setelah anda melakukan poin no.2, langkah selanjutnya yaitu membuat username dan password SSH. Anda cukup mengisis sesuai dengan kolom yang sudah ada di website. Setelah aanda membuat username dan password, selanjutnya klik “Create account”, maka setelah itu anda akan mendapat pemberitahuan bahwa akun SSH anda sudah berhasil dibuat.

 

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Server yang tersedia bisa anda pilih. Kebanyakan server yang banyak dipilih yaitu server Singapore karena server tersebut memiliki koneksi yang cepat dan lebih stabil dari yang lain. Jika anda dapat menggunakan internet secara gratis, otomatis anda bisa melakukan aktifitas online apapun misalnya beli tiket pesawat online, pesan hotel online, dll.

 

Fungsi SSH Server

 

ssh

ssh

 

Berikut adalah beberapa fungsi SSH agar anda bisa mengetahui lebih banyak tentang hal ini. Apa saja?

  1. Sebagai pengganti telnet,rlogin, ftp, dan rsh yang mana salah satu fungsi utamanya yaitu sebagai keamanan saat melakukan tranmisi data pada suatu jaringan.
  2. Untuk protokol pertukaran data.
  3. Untuk melakukan enkripsi data terhadap data yang sudah dikirim.
  4. Otentifikasi atau merupakan mekanisme yang bertujuan untuk memastikan bahwa penerima dan pengirim adalah benar.
  5. Sebagai kerahasiaan karena data yang dikirim hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

 

SSH Free dan SSH Premium

 

SSH (Secure Shell) adalah terdiri dari dua jenis yaitu SSH free atau yang sifatnya gratis dan ada juga yang SSH premium atau berbayar. Untuk SSH gratis biasanya hanya bertahan beberapa hari saja. Namun, hal ini tetap tergantung pada pemiliknya seberapa lama ia membuat batasannya. Umumnya, pemilik server akan merubah user serta passwordnya setelah 3 harian sehingga pengguna SSH gratis tentu harus mencari dan membuatnya lagi. Bagi anda yang pemula, hal ini mungkin agak repot dan membingungkan, walaupun sebenarnya banyak website yang menyediakan akun SSH gratis. Jadi berikut adalah kesimpulan atau poin- poin mengenai SSH gratis.

  1. Bisa anda dapatkan tanpa bayar.
  2. Masa aktif yang berlaku lebih pendek bisa 1- 3 hari saja atau paling lama 1 minggu saja.
  3. Kecepatannya juga terbatas karena gratis.
  4. Inject dan konfignya harus mencari sendiri.
  5. Jika ada masalah, tidak ada dukungan dari penyedianya.
  6. Untuk mendapatkannya harus rebutan karena banyak orang yang mencarinya.

 

Itulah beberapa poin mengenai SSH gratis yang bisa anda ketahui, selanjutnya bagaimana dengan SSH premium? SSH ini merupakan kebalikan dari SSH gratis karena SSH ini bisa anda dapatkan dengan berbayar. Untuk itu, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. SSH premium bisa anda dapatkan dengan berbayar.
  2. Masa aktifnya lebih panjang sekitar 1 bulan.
  3. Kecepatannya juga bagus
  4. Penyedia SSH juga memberikan gransi SSH.
  5. Injek dan konfignya sudah disediakan, jadi tidak perlu mencari- cari.
  6. Full support.

 

Itulah beberapa poin yang membedakan SSH gratis dan SSH premium. Anda bisa memilih diantara kedua jenis SSH tersebut. Jika anda memilih salah satunya tentu ada konsekuensi yang anda peroleh. Misalnya anda memilih SSH gratis, kelebihannya tidak perlu membayar namun kekurangaannya dalam hal kecepatan dan masa aktif tentu tidak terjamin dan lebih pendek. Sebaliknya untuk SSH premium kecepatan dan masa aktifnya lebih lama namun SSH ini bisa anda dapatkan dengan berbayar.

 

  • Beri Komentar