Menelisik Cara Kerja Paypal Sebagai Alat Pembayaran Online

Sunday, November 23rd 2014.

 

Bagaimana Cara kerja PayPal?

 

cara kerja paypal

cara kerja paypal

Tahukah Anda tentang paypal? Tentu Anda sering mendengar tentang paypal? Atau, ketika Anda hendak mendownload aplikasi berbayar, kerap diminta akun paypal sebagai akun pembayaran atas aplikasi yang Anda unduh. Paypal sejatinya merupakan sebuah alat untuk pembayaran (payment procesors) yang prosesnya menggunakan internet dan paling banyak digunakan di dunia dan diklaim sebagai akun yang paling aman. Biasanya paypal digunakan oleh kebanyakan pengguna internet dalam urusan pembayaran seperti aplikasi berbayar, pembelian barang di eBay, pembelian software original, mengirim sumbangan, atau pembayaran lainnya yang menggunakan internet.

Salah satu kelebihan dari pembayaran melalui paypal adalah prosesnya lebih cepat jika dibandingkan dengan cara pembayaran konvensional seperti pengiriman uang tunai yang dalam proses pengirimannya memakan waktu yang lama. Dengan proses yang mudah dengan menggunakan akun paypal dan akun kartu kredit bank, Anda sudah dapat melakukan transaksi pembayaran melalui paypal. Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja paypal yang perlu Anda ketahui.

Cara melakukan transaksi menggunakan paypal

 

Yang perlu Anda lakukan pertama kali untuk melakukan transaksi paypal adalah Anda harus memiliki akun paypal terlebih dahulu. Anda dapat mengunjungi situs paypal yaitu www.paypal.com dan lakukan registrasi, ikuti petunjuk-petunjuk yang ada sehingga Anda dapat memiliki verified account. Saat Anda melakukan pendaftaran Anda akan dihadapkan pada dua opsi yaitu akun premiere atau akun bisnis. Jika Anda hanya menggunakan akun paypal untuk kepentingan pribadi maka Anda dapat memilih akun premiere sebagai akun Anda, namun apabila Anda ingin menggunakan akun paypal untuk berbisnis seperti jual beli barang maka pilihlah akun business sebagai akun paypal Anda.

Untuk menggunakan akun paypal Anda harus memiliki nomor kartu kredit sebagai salah satu syarat pendaftaran akun paypal, fungsinya untuk melakukan berbagai pembayaran. Namun jika Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakan nomor kartu kredit virtual. Jenis kartu kresit virtual ini banyak sekali di jual di internet dengan nominal Rp 60.000 sampai dengan Rp. 100.000 dan menggunakan kartu kredit virtual ini adalah legal alias diperbolehkan.

Lalu jika Anda ingin melakukan deposit dana, maka Anda harus melakukan setting nomor rekening bank Anda, kode bank yang tersedia pada bank account verification atau verifikasi akun bank. Lama verifikasi ini memakan waktu sekitar 2-3 hari, dan Anda akan diminta untuk mengirimkan jumlah yang dikirim oleh pihak paypal pada bank Anda. Jika konfirmasi ini berhasil maka akun Anda telah terverifikasi. Dan Anda dapat menggunakan akun paypal Anda dalam melakukan berbagai transaksi.

Salah satu keunggulan dari paypal ini adalah segi keamanan yang sangat tinggi. Paypal akan mengetahui dengan cepat jika ada akun yang mencurigakan. Dan Anda akan diminta konfirmasi kepada pihak supportnya. Justru hal inilah yang menjadi keunggulan paypal sehingga akun Anda bisa terhindar dari para hacker. Namun dengan satu catatan Anda harus mengisi password yang sulit dengan menggabungkan berbagai kombinasi angka dan huruf.

Begitulah cara kerja paypal, sudah jelas?

  1. syah - samarinda

    baru pertama kali nya utk sy ketahui ini sip

    10/04/2019
  2. widaryanto - semarang

    mohon infonya bp/ibu berapa biaya yang dikenakan paypal per transaksi…terimakasih

    27/12/2016
  • Beri Komentar