Apa Itu Paypal? Bagaimana Sistem Kerja Paypal?

Sunday, November 23rd 2014.

 

Apa itu Paypal?

 

paypal

paypal

Apa sih yang dimaksud dengan Paypal? Bagi Anda yang baru mendengar namanya, pasti bingung apa itu Paypal. Paypal merupakan sebuah sistem atau mekanisme pembayaran yang dilakukan secara online. Jadi, Paypal ini adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa transfer atau penerimaan uang dengan surat elektronik. Bagi pengusaha-pengusaha online, pembayaran melalui akun Paypal bukan merupakan hal yang langka. Karena mekanisme pembayaran melalui Paypal ini banyak digunakan oleh para pebisnis online. Paypal berupa rekening virtual yang berbeda dengan rekening bank lokal, dimana Paypal ini dapat diakses melalui online.

Seperti kita ketahui, rekening bank lokal umumnya hanya bisa melayani jasa transfer atau penerimaan uang melalui suatu negara saja. Sedangkan, Paypal bisa melayani jasa penerimaan dan pengiriman uang kepada seluruh pemilik akun Paypal yang ada di berbagai negara. Lalu, bagaimana caranya? Ya, kita bisa melakukan transfer uang virtual kepada seseorang yang juga memiliki akun Paypal melalui email Paypal itu sendiri. Sehingga pengiriman uang pun berlangsung dengan aman dan cepat. Misalkan saja, Anda ingin bertransaksi secara online dengan menerima maupun mengirim uang ketika ingin membeli sebuah ebook, membeli barang, dan lain sebagainya, maka Anda bisa menggunakan akun Paypal Anda untuk bertransaksi secara online.

 

Apa keuntungan menggunakan paypal?

 

Ada banyak situs yang sudah menggunakan media Paypal ini untuk alat transaksi pembayaran mereka, seperti eBay.com yang juga mewajibkan membernya untuk mempunyai akun Paypal sebagai alat transaksi. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki akun Paypal yang bukan hanya sekedar sebagai alat pembayaran yang praktis saja, melainkan juga membuat pemilik akun merasa lebih aman dan nyaman ketika bertransaksi online. Paypal sendiri dapat melindungi penjual maupun pembeli dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab diantara keduanya.

Paypal melindungi pembeli, seperti misalnya pembeli bisa melakukan komplain terhadap penjual yang dirasa telah melakukan kecurangan atau produk yang tidak sesuai dengan deskripsi produk yang telah diberikan. Sehingga, pembeli bisa mendapatkan charge back atau pengembalian uang melalui kartu kreditnya. Sementara itu, Paypal juga berhak melindungi penjual ketika si pembeli meminta untuk charge back atas kebohongan komplain yang diajukan oleh pihak pembeli itu sendiri.

Nah, di samping keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna akun paypal, jika Anda ingin membuat akun Paypal di sini ada beberapa langkah yang harus diikuti sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buka situs resmi Paypal terlebih dahulu, kemudian Anda disuguhkan tampilan Paypal dan menanyakan apakah Anda ingin mendaftar Paypal untuk urusan bisnis ataukah untuk urusan pribadi. Nah, Anda bisa langsung memilih akun Paypal untuk pribadi, kemudian langsung tekan tombol “daftar”;
  2. Setelah itu, pilih akun “primer” biasanya untuk digunakan ketika menerima uang dan berbelanja online;
  3. Langkah selanjutnya, memasukkan semua data pribadi, kemudian klik tombol yang bertuliskan “Setuju dan Buat Rekening”;
  4. Setelah Anda disuguhkan kolom verifikasi, tekan tombol yang bertuliskan “lanjutkan”;
  5. Lalu “masuk ke rekening;
  6. Lakukan konfirmasi via email Anda, klik link yang masuk ke email Anda untuk melakukan konfirmasi.

Ya, itulah cara mendaftar akun paypal untuk Anda yang ingin mencoba memanfaatkan Paypal sebagai kebutuhan bertransaksi secara online. Semoga bermanfaat!

  1. Daryono - Bekasi

    Bagaimana caranya memindahkan saldo dari paypal ke rekening bank lokal saya.thx

    19/05/2019
  2. Pati - Larantuka

    Saya baru mengenal PAYPAL.apakah dengan menjadi member otomatis memiliki account internasional yang dapat melakukan transaksi ke dan dari seluruh dunia ?

    18/11/2018
  3. ilham - jakarta

    gan apakah mendaftar/membuat PayPal itu bayar kalw bayar brapa ya gan (tanpa kartu kredit)

    25/12/2017
  4. Tonny Maringka - Manado

    Saya baru pertama kali akan gunakan paypal,bgm saya mengirimkan uang ke satu lembaga di negara lain yg sudah punya rek paypal. Thanks.

    25/09/2017
  5. endangsriwidowati - depok

    Begini saya ikut tinjauanbandingan dan saya dapat email dapat uang 50 ringgit malaysia tapi lewat paypal sedangkan saya gak mengerti tolong di transper ke atm saya mandiri namanya juga pemula

    04/08/2017
  6. Aryrie - Medan

    Bagaimana memindah kan uang yang berada di wastern union ke bank lokal ???

    24/06/2017
  7. Setia - Jakarta

    Saya pengguna online gamme dlm fb saya mau promosikan agar ada pendapatan apakah harus menggunakan paypaldan apakah sy uga di kenakan biaya uga dlm hal ini sedangkan saya sendiri disini ingin mencari tambahan untuk promosikin game dll….tolong di berikan masukan thaks

    05/01/2017
  8. IFTITAH WIDYAWATI, SE, MSi - JAKARTA SELATAN

    Saya mau mengirim uang via western union tujuan luar negri.Saya sudah diberi data oleh penerima selain nama dan negara asal sbb : TEXT PERTANYAAN; GOD, TEXT JAWABAN: GOD.
    Nah itu apa artinya? Mohon penjelasan

    19/12/2016
  • Beri Komentar