Apa Itu Amazon.com & Sejarah Perkembangannya

Sunday, January 4th 2015.

 

Apa itu Amazon.com?

 

apa itu amazon

apa itu amazon

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja memberikan kemudahan dalam melakukan segala hal, termasuk dalam transaksi jual beli. Sekarang ini untuk membeli barang atau jasa Anda tidak perlu mencari keluar rumah cukup dengan menggunakan internet saja sudah bisa membeli barang ataupun jasa yang diinginkan. Banyak sekali toko online yang sudah ada, salah satunya yaitu Amazon. Situs ini merupakan salah satu toko online terbesar di dunia yang terbentuk tahun 1994 dan sudah berhasil menguasai pasar online di dunia. Jaringannya sudah tersebar sangat luas di berbagai negera hingga ke seluruh dunia. Bahkan setiap harinya toko online ini sangat sibuk dan tidak pernah berhenti bertransaksi dalam hal penjualannya.

 

Sejarah dan Perkembangan amazon.com

 

  1. Awal berdirinya perusahaan

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri. Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika.

  1. Perkembangan awal perusahaan

Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.

  1. Investor awal dan perkembangannya

Awal perkembangan Amazon ini, banyak investor yang membeli saham disini. Tapi sayangnya, empat tahun pertama perkembangan Amazon dinilai sangat lambat pertumbuhannya sehingga banyak investor yang mengeluh dan menjual sahamnya. Bahkan, diawal abad 21 banyak toko online yang ditutup dan salah satu yang hampir terkena imbasnya adalah perusahaan Bozes ini. Tapi untungnya, perusahaan ini masih selamat dan bisa berkembang kembali. Setelah krisis di awal abad 21, perusahaan semakin bangkit dan menghasilkan banyak keuntungan yang menjanjikan. Bahkan, perusahaan ini mengklaim bahwa dirinya lah yang mempopulerkan untuk masyarakat berbelanja secara online.

  1. Masalah yang dihadapi

Selama membangun perusahaan, toko online ini tentunya Bozes tidak lepas dari masalah yang dihadapi. Banyak sekali masalah yang dialami oleh amazon selama perkembangannya sampai sekarang. Masalah yang paling menonjol adalah ketik Bozes dituntut oleh Walmart pada tahun 1998. Walmart menggugat bahwa Bozes telah mencuri rahasia perdagangannya karena mempekerjakan karyawan dari Walmart. Namun, tuntutan ini tidak sampai ke pengadilan dan bisa diselesaikan dengan cara damai diluar pengadilan.

 

Layanan Yang Ada di amazon.com

 

layanan amazon

layanan amazon

Di amazon.com banyak sekali layanan yang diberikan oleh pelanggannya dari mulai pelayanan berupa jual beli barang elektronik sampai pelayanan penjualan untuk bahan-bahan yang cepat busuk. Sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia, amazon menawarkan layanan diantaranya penjualan barang retail, software dan lisensi untuk semua perangkat, konten digital, permainan & barang yang bernilai seni juga dijual di situs ini. Tidak hanya itu, banyak sekali layanan yang diberikan untuk membuat para penggila belanja online merasa terpuaskan. Berikut penjelasan beberpa barang yang dijual atau beberapa pelayanan yang diberikan yang telah disebutkan sebelumnya di atas.

  1. Penjualan Barang Retail

Sesuai dengan konsep, awalnya perusahaan ini menjual berbagai barang retail secara online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku, peralatan rumah tangga, barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda perlukan ada di toko ini. Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang yang cepat busuk seperti sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan tersebut untuk daerah tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.

  1. Software untuk semua perangkat

Amazon.com tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer saja, sebab sekarang sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik yang canggih seperti handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa dengan mudah mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat yang dimilikinya.

  1. Konten digital

Selain menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga menjual berbagai konten digital yang bisa didownload langsung dan dibayar dengan menggunakan pulsa ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book, musik, dan berbagai konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone. Harga yang ditawarkan untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada yang gratis dan juga dengan diskon yang sangat besar.

  1. Amazon game

Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game komputer ataupun gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem seperti windows, android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan ini sangat inovatif dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil dari pengembangan para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.

  1. Amazon Art

Pada bulan Agustus 2013 perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual berbagai karya seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih. Awalnya hanya ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang semakin banyak.

  1. akartoyo - bandung

    Para pebisnis atau calon pebisnis.sdh merupakan keniscayaan utk menyikapi perubahan ini.

    14/09/2017
  2. puji yaarahman - takengon

    saya sangat salut untuk amazon .com

    14/05/2017

Beri Komentar