Sekilas Sejarah Berdirinya Paypal Inc

Wednesday, November 19th 2014.

 

Sejarah Terbentuknya PayPal

 

sejarah berdirinya paypal

sejarah berdirinya paypal

Paypal adalah merupakan sebuah perusahaan joint venture antara confinity dengan x.com pada tahun 2000. Confinity merupakan perusahaan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin dan bergerak dibidang penyedia layanan pengenkripsin dan bidang pembayaran. Sedangkan x.com adalah perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk dan pergerakannya dibidang jasa perencanaan keuangan. Joint venture, keduanya memang suatu langkah yang sangat strategis hingga pada akhirnya paypal menjadi suatu perusahaan jasa pembayaran online yang mendunia dan memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia yang memberikan profit untuk paypal.

Selanjutnya, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat, pada tahun 2002 ebay melakukan akuisisi terhadap perusahaan ini. Paypal di akuisisi oleh ebay seharga 1,5 miliar dolar atau setara dengan sekitar 1,5 triliun rupiah. Sebelum dilakukan akuisisi oleh ebay, paypal memiliki daya tarik yang cukup memikat. Sehubungan dengan pergerakan ebay yang membutuhkan jasa pembayaran on-line, penawaran menggunakan paypal melebihi dari penawaran menggunakan jasa pembayaran lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh telah mendunianya penggunaan paypal untuk segala jenis transaksi online.

PayPal diakuisisi oleh Ebay

 

paypal diakuisisi ebay

paypal diakuisisi ebay

Kebutuhan akan suatu jasa pembayaran, membuat ebay pernah melakukan pembelian terhadap billpoint. Billpoint ini bergerak sebagai perusahaan pembayaran online yang kemudian digunakan oleh ebay sebagai perantara pembayaran online. Meskipun billpoint diakui oleh ebay sebagai perantara pembayaran online, namun jasa untuk menggunakan billpoint ini masih dikalahkan oleh paypal. Penggunaan billpoint kalah jauh dalam hal jumlah transaksi yang masuk ke ebay bila dibandingkan dengan penggunaan paypal, bahkan angkanya sangat fantastis dan berkali lipat bila membandingkan keduanya.

Kekalahan jumlah transaksi bolpoin dari paypal pada akhirnya membuat ebay melirik perusahaan ini. Setelah melakukan akuisisi terhadap paypal, ternyata memang perusahaan ini menjadi daya tarik tersendiri karena menghasilkan omset yang begitu besar bahkan terus bertambah setiap waktunya. Bahkan, untuk mempermulus perjalanan paypal sebagai perusahaan jasa pembayaran, kemudian ebay menghapus layanan pembayaran menggunakan billpoint dan ternyata sangat efektif untuk meningkatkan omset paypal. Langkah untuk menonaktifkan jasa pembayaran lewat billpoint memang sangat strategis yang dilakukan oleh Ebay. Dengan begitu, profit yang didatangkan akan didapatkan begitu besar bagi Ebay sendiri.

Paypal sebagai suatu perusahaan jasa pembayaran yang diakuisisi oleh ebay, yang mana awalnya merupakan sebuah perusahaan jasa pembayaran biasa. Namun, dari tahun ke tahun pembayaran menggunakan paypal terus meningkat dan menambah omset hingga mencapai delapan miliar dolar dan terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan karena peningkatan pesat ini, paypal mampu menggusur beberapa perusahaan sejenis yang ternyata kalah bersaing dengan perusahaan jasa pembayaran online ini. Hal tersebut dapat dilihat dari gulung tikarnya perusahaan seperti Citibank C2IT, BidPay dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Nah itu dia sekilas sejarah berdirinya paypal, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih sudah mengunjungi vccmurah.net

  • Beri Komentar