Inilah 15 Fitur Permainan Clash of Clans

Wednesday, October 5th 2016.

 

Game COC atau Clash of Clans sekarang ini menjadi salah satu game online terfavorit. Permainan yang satu ini hadir dengan fitur yang menarik. Inti dari permainan ini adalah berperang dan bertahan dalam sebuah kelompok yang dibangun sendiri oleh pemainnya. Dalam satu clans atau kelompok Anda tidak bermain sendiri melainkan berkelompok dengan para gamer lainnya. Fitur permainan Clash of Clans mengharuskan Anda bekerja dalam tim agar bisa mengalahkan clans atau kelompok lainnya. Dalam permainan ini para pemainnya bisa membuat banyak pasukan yang akan memperkuat pertahanan dari desa yang dibangun.

Untuk membangun pertahanan dan melakukan penyerangan serta melakukan latihan pasukan yang sudah dibuat harus menggunakan fitur yang ada di dalam permainan ini. Fitur permainan Clash of Clans sangat banyak ada fitur utama dan fitur tambahan yang bisa digunakan oleh pemainnya. Menggunakan fitur yang ada dalam COC ini bisa memuat pertahanan dan mode penyerangan kelompok menjadi lebih kuat dan tidak terkalahkan. Selain menggunakan fitur yang tepat ketika menyerang atau bertahan diperlukan juga strategi dalam menggunakan fitur yang sudah dimiliki. Mau tahu apa saja fitur utama dan fitur tambahan terbaru yang ada dalam COC? Simak penjelasan berikut.

 

9 Fitur Utama Permainan Clash of Clans

 

gold elixir

gold elixir

Fitur utama yang ada dalam permainan COC sangat membantu dalam pembuatan pertahanan dan menyerang musuh. Berikut fitur utama yang ada dalam COC.

  1. Elixir

Elixir ini merupakan salah satu fitur permainan Clash of Clans yang utama dan harus dimiliki pada clans untuk membangun desa. Fitur ini bisa digunakan melatih pasukan dan mengupgrade pasukan dengan cara penelitian yang dilakukan di laboratorium yang dimiliki oleh clans. Upgrade dengan menggunakan elixir bisa membuat pasukan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Dalam COC elixir juga sering digunakan untuk membangun bangunan yang nantinya akan digunakan dalam menyerang pemain lawan.

  1. Emas (Gold)

Emas sebenarnya hampir sama dengan elixir, fungsinya pun tidak jauh berbeda. Jika pemain mempunyai banyak emas, maka bisa membangun desa dengan cepat. Emas ini sebenarnya sebagai pelengkap dari elixir dan bisa digunakan untuk membangun bangunan yang bersifat pertahanan atau defense. Dengan menggunakan emas bisa mengupgrade balai kota dan juga bisa mengupgrade berbagai bangunan pertahanan sehingga bisa lebih kuat dan levelnya lebih tinggi lagi.

  1. Gems

Fitur permainan Clash of Clans yang utama dan terpenting adalah gems. Gems ini bisa juga disebut sebagai mata uang dalam COC. Untuk mendapatkan gems tidaklah mudah, Anda harus melakukan war atau peperangan antar clans. Ada cara yang paling mudah untuk mendapatkan gems ini yaitu dengan cara membelinya dengan menggunakan mata uang dollar. Jika tidak ingin mengeluarkan modal banyak dengan membeli gems, pemain masih bisa mendapatkan gems dengan mudah yaitu dengan cara membersihkan sampah yang muncul di desa. Untuk membersihkan sampah ini bisa menggunakan elixir yang dipunyai oleh pemain. Gems bisa digunakan dalam menyelesaikan tantangan dengan cepat secara acak.

  1. Loot

Loot merupakan fitur permainan Clash of Clans yang bisa digunakan untuk mendapatkan emas dan elixir. Fitur ini digunakan untuk merampok base milik orang lain yang memiliki elixir dan emas yang banyak. Kebutuhan emas dan elixir yang semakin meningkat membuat pemain harus bekerja ekstra untuk mendapatkannya. Salah satunya dengan cara merampok atau loot, pemain bisa mendapatkan emas dan elixir dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat.

  1. Base

Base adalah fitur utama permainan Clash of Clans yang harus dibangun sejak awal. Untuk membangun base dari awal dibutuhkan banyak emas dan elixir. Lagi-lagi emas dan elixir adalah fitur utama yang harus di miliki dalam jumlah banyak oleh para pemain. Pada awalnya, bangunan pertahanan harus ada dalam sebuah base untuk memperkuat pertahanan, salah satunya yaitu dinding atau wall. Dalam permainan dinding harus terus di upgrade dan alat pertahanan lainnya dengan harga yang tidak murah.

  1. Clan War
pencarian clan war

pencarian clan war

Clan war atau peperangan antar clan adalah fitur utama dari COC dan inti dari permainannya. Dalam satu clan akan terdapat leader dan co leader, leader atau co leader inilah yang mempunyai tugas dalam mencari clan lainnya untuk diajak war atau berperang. Dalam COC perang dilakukan selama 48 jam, cukup unik bukan? 24 jam digunakan untuk scouting base atau memata-matai base musuh dan 24 lagi digunakan untuk menyerang musuh. Dalam COC ini setiap pemain yang tergabung dalam clan mempunyai kesempatan yang sama dalam menyerang clan musuh.

 

6 Fitur Tambahan Permainan Clash of Clans Terbaru

 

Setelah maintenance pada bulan Mei 2015, COC atau tepatnya developer COC Supercell mengeluarkan fitur tambahan baru yang akan membuat para pemain lebih asyik lagi bermain. Apa saja fitur tambahannya? Berikut daftar dan penjelasannya.

  1. The Air Sweeper

Fitur permainan Clash of Clans ini sangat berguna dalam pertahanan ketika war. The air sweeper ini juga dikenal dengan nama pertahanan anti udara. Pertahanan ini bisa meniup serangan udara dan serangan udara dari musuh bisa mundur. Namun fitur ini tidak bisa menghancurkan hanya memperlambat serangan yang datang dari musuh saja. Kelemahan lainnya yaitu hanya bisa menyerang satu arah saja tapi arah ini bisa diatur sendiri. Untuk mendapatkan the air sweeper ini Anda harus ada pada level 6 Town Hall terlebih dahulu. Walaupun tidak bisa mematikan fitur ini sangat membantu pertahanan desa ketika di serang dengan memperlambat serangan udara musuh yang mematikan.

air sweeper

air sweeper

  1. Penanda Clans

Penanda clan atau clan bookmarks adalah salah satu fitur permainan Clash of Clans yang baru dan akan sangat membantu para pemainnya. Fitur ini sangat membantu pemain dalam menyimpan clan yang perah ditemuinya tanpa harus mencarinya kembali. Pemain bisa menyimpan 30 clans dan akan muncul pada tab sesudah profil. Dengan adanya fitur ini akan mempermudahkan para pemain menemukan clans yang lama ditinggalkan ataupun mencari clans baru. Pemain bisa menyimpan clans yang dianggapnya penting ketika bertemu dalam sebuah peperangan ataupun lainnya.

  1. Clan war attack army preview

Ini dia fitur Clash of Clans terbaru yang bisa membuat pemainnya melihat terlebih dahulu atau preview sebelum melakukan war antar clans. Clan yang mempunyai fitur ini sangat untung karena bisa melihat atau melakukan cek terhadap jumlah spells, pasukan dan heroes pada clan castle musuh sehingga bisa memperkirakan strategi apa yang harus digunakan. Melihat kekuatan lawan ini tentu saja akan membuat clan bisa memikirkan strategi yang tepat untuk mengalahkan clan lawannya.

  1. Pengembangan tampilan

Fitur permainan Clash of Clans terbaru juga mengembangkan berbagai tampilan dalam permainan. Ketika Town Hall sudah level 5 pemain bisa mengganti nama desa atau perkampungannya. Namun sayangnya, hanya bisa diganti satu kali saja jadi harus digunakan dengan bijak. Tampilan percakapan clan juga mengalami perubahan tampilan pengaturan dan siapa saja yang mengubahnya akan bisa ketahuan. Selain itu, jangkauan pertahanan juga bisa dilihat walaupun masih dalam perbaikan dan bisa mengganti mode pertahanan kapan saja walau masih perbaikan. Pengembangan tampilan lainnya yaitu semua alat pertahanan atau defense town hall bisa digunakan dari jarak yang jauh kecuali air sweeper yang bisa digunakan sesuai dengan yang diatur sendiri.

  1. Perbaikan gameplay

Tidak hanya fitur permainan Clash of Clans yang baru saja tapi gameplay pada COC juga banyak yang diperbaiki dan menjadi lebih baik. Perbaikan pada peta goblin mengalami penambahan jumlah loot dan improvisasi pada kejutan yang tidak terduga. Ketika sedang melakukan perbaikan maka lawan tidak akan mengejar sampai clan castle dan pasukan yang tidak menyerang ketika pasukan target diperbaiki.

  1. Perbaikan saat mencari lawan di multiplayer

Dalam mencari lawan secara multiplayer juga mengalami perbaikan yang banyak. Perhitungan kekuatan dalam Clan War sudah diperbarui. Mencari lawan lebih mudah karena disesuaikan dengan level town hall clan. Namun sayangnya, dalam pencariannya cukup lama karena mencarinya harus tepat sesuai dengan level clans.

Berbagai fitur permainan Clash of Clans ini tentunya akan sangat membantu dalam melakukan penyerangan ataupun bertahan clash of clans. Untuk para pemula yang baru coba-coba mengenal game ini tentu adanya tambahan fitur baru akan menjadikan permainan semakin seru dan mengasyikkan. Strategi-strategi penyerangan dan bertahan bisa ditingkatkan dan memenangkan banyak trophy dalam setiap war atau perang. Jadikan clan yang paling kuat dan gunakan strategi yang tepat untuk mendapatkan banyak keuntungan dalam bermain COC. Bermain COC tidak hanya mengasyikkan tapi secara tidak langsung juga mengajarkan kerja sama secara tidak langsung pada pemainnya karena harus bermain secara berkelompok.

  1. Muh. Rofiq - jember

    tropy

    07/01/2017
  2. isra - makassar

    terimakasih atas tipsnya

    28/11/2016
  • Beri Komentar