jasa pembayaran

Free Trial: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Rabu, Juli 24th 2024.

Sebelum era freemium mendominasi, strategi ‘free trial’ adalah cara populer agar pengguna bisa mencoba suatu produk, terutama perangkat lunak, sebelum memutuskan untuk membeli. Banyak orang enggan mengeluarkan uang untuk produk yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, keduanya memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menguji apakah produk tersebut memenuhi kebutuhan mereka.

Pengertian Free Trial

Menurut Chargebee, ‘free trial’ adalah model akuisisi pelanggan di mana suatu produk atau layanan ditawarkan secara gratis untuk jangka waktu tertentu. Tujuan utamanya adalah memberikan konsumen waktu untuk mempelajari produk atau layanan tersebut. Setelah itu, mereka bisa menentukan apakah produk tersebut cocok untuk mereka sebelum memutuskan untuk membeli.

Strategi ini juga biasanya membatasi beragam fitur produk. Dengan kata lain, konsumen hanya bisa mencoba beberapa fitur utama. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum menawarkannya, seperti:

  • Berapa lama konsumen membutuhkan untuk memahami manfaat produk Anda?
  • Apakah fitur dasar cukup untuk konsumen dalam menentukan kecocokan produk?
  • Berapa lama periode waktu yang dibutuhkan?
  • Bagaimana perusahaan bisa mendukung program ini dari sisi finansial?
  • Apa dampak jangka waktu strategi ini terhadap siklus penjualan?
  • Berapa lama perusahaan harus menunggu sebelum konsumen akhirnya membeli produk?

Perbedaan Free Trial dengan Freemium

Meski keduanya memberikan produk secara gratis. Lalu, apa perbedaan utama antara keduanya? Menurut Profit Well, perbedaannya terletak pada aspek waktu dan fitur yang bisa diakses oleh pengguna.

Dalam free trial, produk ditawarkan dalam jangka waktu tertentu dan dengan berbagai fitur yang dibatasi, sehingga produk tidak dapat digunakan secara penuh. Sedangkan freemium menawarkan produk yang bisa digunakan sepenuhnya tanpa batas waktu, tetapi dengan pengecualian fitur-fitur premium.

Manfaat Free Trial

Meskipun strategi penjualan ini membatasi konsumen dalam menguji produk, strategi ini tetap memiliki banyak manfaat untuk perusahaan, antara lain:

1. Meningkatkan Conversion Rate

Dengan menunjukkan kepada calon konsumen bahwa produk bisa memenuhi kebutuhan mereka, rasa ragu untuk membeli bisa berkurang, sehingga meningkatkan conversion rate.

2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Konsumen akan lebih puas jika mereka tahu bahwa produk yang akan dibeli bisa memenuhi kebutuhan mereka sehingga memberikan kepercayaan tambahan ini.

3. Mengizinkan Konsumen Mencoba Sebelum Membeli

Dengan banyaknya pilihan produk, konsumen terkadang kesulitan untuk memutuskan. Free trial memungkinkan mereka mencoba produk terlebih dahulu, yang membantu dalam pengambilan keputusan.

4. Menunjukkan Kepercayaan Diri Terhadap Produk

Memiliki free trial menunjukkan bahwa Anda yakin dengan kualitas produk Anda. Kepercayaan diri ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk.

5. Mendapatkan Feedback yang Berharga

Memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari pengguna, yang sangat berharga untuk pengembangan produk di masa depan.

Tips Melakukan Free Trial

Agar strategi ini bisa sukses, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Tampilkan Fitur Utama: Pastikan konsumen bisa mencoba fitur unggulan yang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.
  • Pertimbangkan Pembatasan: Tentukan jangka waktu trial dan fitur apa saja yang bisa diakses selama periode ini.
  • Evaluasi Durasi Penggunaan: Pahami berapa lama konsumen membutuhkan waktu untuk mempelajari produk Anda, sehingga bisa menyesuaikan masa uji coba perangkat lunak.
  • Transparansi Pembayaran: Sertakan informasi pembayaran yang jelas agar konsumen tahu kapan mereka harus membayar untuk tetap menggunakan produk.

Kesimpulan

Strategi free trial dapat menjadi alternatif tepat meskipun freemium lebih populer saat ini. Selain model penjualan ini, masih banyak strategi lain yang bisa digunakan untuk memasarkan produk. Penting untuk terus belajar dan melakukan penyesuaian sesuai perkembangan.

Jika tidak memiliki kartu kredit untuk melakukan free trial di suatu website, Anda bisa memakai vcc belanja isi 1 dollar dengan harga 47.500.

wa