Cara Membuat Password yang Aman dari Hacker

Thursday, December 4th 2014.

 

Seberapa amankah password Anda?

 

Bagi pengguna akun di internet, maka password atau kata sandi menjadi hal yang wajib. Dengan kata sandi, seseorang dapat membuka akun pribadinya. Mengapa banyak sekali akun-akun di internet yang dapat dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab padahal akun kita menggunakannya? Mengapa orang lain bisa tahu? Orang tersebut mungkin hanya iseng atau memang berniat jahat. Tapi mungkin kesalahan juga terjadi pada si pemilik akun karena kata sandi yang digunakan kurang kuat, karena kita tidak pernah tahu siapa yang akan berniat jahat kepada kita.

Dalam hal ini, Anda tidak usah menyalahkan diri sendiri atau orang lain (hacker). Untuk mengantisipasi hal ini dan untuk menghindari penyalahgunaan akun Anda oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, Anda harus memperhatikan bagaimana cara membuat kata sandi yang aman dan baik, yaitu yang mudah Anda ingat sendiri dan aman bagi hacker-hacker jahat. Lalu, apa saja tipsnya? Simaklah artikel berikut ini sampai selesai. Perlu Anda ingat bahwa password sangat penting demi keamanan Anda. Kata sandi bukan hanya sebuah kunci untuk memasuki akun Anda, namun sebagai alat proteksi diri dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini ulasan mengenai cara membuat yang aman.

Cara membuat password yang aman

 

cara membuat password yang aman

cara membuat password yang aman

Pertama, usahakan membuat kata sandi yang berbeda-beda pada setiap akun Anda untuk mengurangi resiko dibobol. Kedua, maksimalkan jumlah karakter. Karakter yang sedikit lebih rentan terjadi pembobolan akun. Semakin panjang karakter atau jumlah huruf, maka semakin sulit bagi si calon hacker untuk menebak-nebak password Anda. Ketiga, jangan gunakan yang sudah umum dan mudah ditebak, misalnya angka yang berurutan maju, angka yang berurutan mundur, atau tanggal lahir Anda. Gunakanlah kalimat yang aneh-aneh, padu padankan antara angka dan huruf, jika perlu tambahkan tanda baca seperti ! untuk mengganti huruf I atau ? untuk mengganti huruf T. Jika perlu, biarkan saja password Anda seolah-olah tidak berbunyi misalnya (ag!z7n4a?) yang penting Anda tahu dan hafal betul.

Perlu Anda ketahui bahwa akun-akun yang sering dibobol adalah akun media sosial seperti facebook, twitter, yahoo, dan masih banyak yang lainnya. Kemudian akun perdagangan internasional seperti ebay baru-baru ini dapat dibajak. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memperhatikannya. Pada mulanya memang sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Mereka menggunakan password hanya sebagai formalitas saja asalkan akun mereka aktif. Anda harus paham bahwa kata sandi merupakan nyawa dari akun Anda yang keberadaanya harus aman dan terlindungi.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara membuat password yang aman. Mulai sekarang jika Anda akan membuat akun di internet, selalu perhatikan cara membuat supaya aman. Jika kata sandi yang sudah Anda buat terlanjur terlalu mudah ditebak, Anda dapat menggantinya sekarang juga dengan yang lebih aman demi keselamatan akun Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

 

  1. acim atang - surabaya

    memuaskan

    21/12/2016
  2. Maiyarti - Padang

    Terima kasih,sangat bermanfaat….

    20/09/2016
  • Beri Komentar