Apa Itu PayPal Instant Payment Notification (IPN)

Thursday, November 20th 2014.

 

PayPal Instant Payment Notification (IPN)

 

PayPal Instant Payment Notification

PayPal Instant Payment Notification

Apakah Anda pernah berpikir, adakah sebuah proses pembayaran cepat, mudah dan instan? Atau, adakah sebuah media yang bisa menanggapi setiap pemesanan dari pembeli dengan real-time? Atau, memiliki sebuah sistem pengamanan digital ketika menjual barang saat proses penjualan? Ya, semua yang Anda pikirkan tersebut kini bisa Anda dapatkan melalui PayPal Instant Payment Notification atau IPN. IPN merupakan sebuah notifikasi pembayaran secara instan yang dirancang oleh pihak PayPal untuk memberikan bantuan ketika adanya transaksi jual beli di antara pembeli maupun penjual.

Melalui IPN inilah, penjual bisa lebih mudah untuk mengawasi transaksi penjualan produknya secara berkala. Selain itu, IPN juga dapat mengirim notifikasi ketika pembeli melakukan pembayaran pada penjual. Penjual juga bisa menerima laporan yang diberikan oleh IPN ketika terjadi pembatalan, penundaan ataupun transaksi gagal. Anda juga bisa mengatur beberapa aspek menarik pada IPN seperti response site, penyelesaian pemesanan otomatis hingga tracking konsumen.

Ada 3 proses yang bisa dilakukan oleh IPN untuk mempermudah penjual dalam melakukan transaksi, seperti di bawah ini:

  • IPN akan membantu ketika server Anda memberikan ataupun menolak validasi.
  • IPN memberikan notifikasi menuju server Anda untuk melakukan validasi.
  • IPN akan memberikan notifikasi ketika konsumen meminta refund atau pengembalian uang ataupun saat melakukan pembayaran.

Sehingga transaksi bisnis Anda berjalan dengan lancar tanpa repot-repot melakukan segala sesuatunya. Hal yang harus diperhatikan Adalah dengan mengatur IPN pada website Anda dengan melakukan settingan awal.

Bagaimana cara aktivasi IPN di akun PayPal?

 

Jika Anda kesulitan melakukan aktivasi IPN pada akun PayPal Anda, maka kami akan memberitahukan caranya di sini. Dimana, Anda mengatur dan mengaktifkan IPN melalui profil dari akun Anda. Caranya yaitu cukup memasukan notifikasi dari URL yang terdapat pada kode pemrograman website yang Anda kirim menuju PayPal ketika pembeli melakukan pembayaran kepada Anda.

Adapun langkah-langkah aktivasi IPN dengan mudah melalui akun PayPal Anda, antara lain:

  1. Login terlebih dahulu menuju akun bisnis atau premier PayPal Anda.
  2. Setelah itu, masuk ke menu profile.
  3. Pada menu “Selling Preferences”, Anda bisa menekan “Instant Payment Notification Preferences”.
  4. Lalu tekan “edit”.
  5. Setelah itu pilih checkbox ketika akan mengaktifkan IPN.
  6. Pada tautan box “Notification URL” maka ketik program URL untuk memproses atau menerima IPN.
  7. Setelah itu, tekan tombol “Save”.

Sedangkan untuk melakukan aktivasi IPN melalui kode pemrograman dengan memasukkan sebuah URL notifikasi adalah jika Anda telah menerima pembayaran yang berasal dari website berbeda pada akun PayPal yang sama, maka Anda harus memasukkan sebuah URL notifikasi berbeda melalui kode pemrograman. Agar setiap website bisa menerima hanya dengan IPN tertentu pada setiap pembayaran yang dimiliki.

Beri Komentar